Pages

Sunday, January 22, 2012

Kenapa harus beli? Mari kita buat KEFIR sendiri

Apa saja peralatan yang ada butuhkan ? Sudah dibahas sebelumnya. Sekarang bagaimana kita membuat kefir sendiri? Yang anda butuhkan selain peralatan tadi, anda menyiapkan bahan-bahannya yaitu :

- Susu , sebaiknya menggunakan susu segar murni berkualitas, kalau ga ada gunakan susu cair kemasan seperti Diamond Chimory dll. Anda harus hati-hati karena ada produk susu kemasan yang menggunakan pengawet. Atau anda gunakan susu bubuk yang di cairkan sesuai petunjuk dalam kemasannya. Susu bubuk pun ANDA harus hati-hati, pilihlah yang terbaik.

- Bibit Kefir atau Kefir Grain atau Biji Kefir


Sudah itu saja, bahan-bahan yang harus anda siapkan. Marilah kita mulai membuat kefir sendiri, prosedurnya sebagai berikut :

1. Campurkan susu yang sudah disiapkan tadi dengan Bibit Kefir dengan perbandingan bibitnya sejumlah 5 % nya. Jadi kalau misalnya susu 1 liter, maka bibitnya 50 gram. Aduk pelan hingga terjadi percampuran yang merata. Kemudian tutup toples nya dan taruh ditempat yang gelap dan bersih. Biarkan selama 48 jam.


2. 24 jam pertama buka toples nya dan aduk pelan ... 48 jam jadilah sudah kefir kita ini


3. Menyaring gunakan saringan dan sendok plastik / spatula, atau saringan dari stainless steel. Saringan untuk memisahkan kefir dan bibitnya, sendok alat bantu untuk mempercepat proses penyaringan.




Kalau pakai saringan plastik kita membutuhkan sendok untuk mengaduk agar kefir bisa cepat lolos tersaring, tapi hati-hati jangan sampai melindas bibit kefirnya. Sedangkan kalau menggunakan saringan stainless steel, cukup digoyang2 saja, karena lobang2nya lebih lebar.

Kelebihan menggunakan saringan dari stainless steel yang berlobang2 lebih lebar ini, proses penyaringan berlangsung lebih cepat. Tapi kekurangannya adalah banyak calon bibit yang ikut lolos ikut kefirnya tersaring, sehingga bibit yang tertinggal lebih sedikit dibandingkan dengan yang menggunakan saringan plastik.

Selesai sudah proses penyaringan kita ini

4. Penyimpanan kefir, dapat gunakan botol-botol seperti di bawah ini, baik yang baru ataupun bekas air minum kemasan, tentu yang bersih looh. Simpanlah dalam refrigerator / kulkas temperatur 5 drajat selsius.


5. Selesai, tugas selanjutnya adalah cuci-cuci. Semua peralatan harus dicuci bersih, jangan sampai ada sabun ketinggalan di saringan misalnya, karena akan merusak hasil kefir kita bahkan bisa membunuh bibit kefir kita nantinya.

Apabila belum jelas, silahkan menghubungi kami di :
- 0815 6666 050 atau 0813 279 3636 7 atau flexi 0274 7407566 / 88 atau 0819 31 787 358
- email/GTALK jhardoyo@gmail.com
- Facebook kami
- YM di jhardoyo
- SKYPE di jhardoyo

Terakhir :

- Bibit Kefir Rp 200.000 per 100 gram

Dapat dipakai sampai kapan saja, dan akan bertambah banyak. Ingat, bagi ANDA yang masih PEMULA, perlu memisahkan bibit kefir untuk cadangan, agar apabila anda salah mengoperasikan pembuatan kefir, bibit anda mati, masih ada cadangannya.

Cara menyimpan bibit kefir , simpan dalam refrigerator atau kulkas temperatur 5 drajat selsius. Beri sedikit susu untuk makanan nya si bibit ini selama disimpan.
bibit kefir, biji kefir, cara membuat kefir, harga kefir rp 200 ribu per ons, kefir, kefir grain, kefir jogja, keluarga kefir jogja, membuat kefir, membuat kefir sendiri, rahasia membuat kefir

No comments:

Post a Comment

Post a Comment